Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Sederet Alasan Libur Maulid Nabi 2021 Harus Digeser

Kalender oktober 2021
Sederet Alasan Libur Maulid Nabi 2021 Harus Digeser

Yunatimes.com - Pemerintah sudah resmi merubah tanggal merah atau hari libur nasional yakni hari untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang sebelumnya jatuh pada tanggal 19 Oktober, kini digeser menjadi tanggal 20 Oktober 2021.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy telah menegaskan jika pergeseran libur nasional karena adanya berbagai alasan.

"Untuk menghindari masa libur panjang dan mencegah pergerakan massa yang besar," tegas Muhadjir dikutip melalui keterangan tertulis, hari Senin tanggal 18 Oktober 2021.

Muhadjir juga berkata, jika hari libur masih tetap dilakukan pada hari Selasa maka nanti akan ada celah atau akan ada "hari kejepit nasional", yang nantinya bisa membuat masyarakat memiliki alasan untuk tidak masuk kerja pada hari Senin.

"Jika liburnya tetap di hari Selasa, maka akan banyak orang yang memanfaatkan hari Senin untuk izin tidak masuk," terangnya,

Melihat dari pengalaman yang sudah-sudah, Muhadjir berkata jika setiap terjadi libur panjang pasti akan diikuti dengan pergerakan orang dalam jumlah besar dari satu tempat ke tempat yang lain.

Situasi itulah, yang akan menjadi biang keladi meningkatnya kasus Covid-19 di Tanah Air. Contohnya seperti, libur hari raya saat itu, yang membuat munculnya corona varian delta.

Situasi saat itu langsung membuat kasus Covid-19 di Indonesia meningkat pesat dan sulit dikendalikan. Pemerintah, seperti yang sudah ditegaskan oleh Muhadjir, tak ingin main-main jika melihat dari pengalaman empiris.

"Kita tidak ingin main-main lagi, karena kita sudah pengalaman setiap kasus sudah turun kita membiarkan libur panjang tanpa adanya intervensi kebijakan, itu akan diikuti dengan kenaikan kasus," ucapnya.

Baca Juga: 

Sumber

Posting Komentar untuk "Sederet Alasan Libur Maulid Nabi 2021 Harus Digeser"