Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ayo Segera Ganti ke Kartu ATM Chip, Ini Batas Waktu Ganti Kartu ATM Chip Bank BCA, BNI, BRI dan Bank Mandiri

Chip atm bca
Ayo Segera Ganti ke Kartu ATM Chip, Ini Batas Waktu Ganti Kartu ATM Chip Bank BCA, BNI, BRI dan Bank Mandiri/komunitastodays.co

Yunatimes.com - Perbankan tak henti-hentinya terus mengingatkan nasabah pemegang kartu debit (ATM) magnetic stripe supaya segera mengganti kartunya dengan kartu yang berbasis chip. Para nasabah dihimbau agar mengganti kartu ATM bank menjadi kartu ATM chip sebelum tenggat waktu guna menghindari pemblokiran.

Meskipun begitu ternyata tiap bank memiliki batas waktu yang berbeda dalam pengganti masa aktif kartu ini. Dan berikut batasan waktu pemblokiran dan juga penukaran kartu magnetic stripe ke kartu debit yang sudah berbasis chip bagi Bank BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri.

1. BCA

PT Bank Central Asia Tbk. atau BCA menghimbau nasabahnya supaya segera mengganti kartu ATM yang lama atau yang masih berbasis magnetic stripes menjadi kartu ATM berbasis chip paling lambat ialah tanggal 30 November 2021.

Jadwal penetapan ini ternyata maju lebih cepat 1 bulan dari jadwal sebelumnya, yaitu pada tanggal 1 Januari 2022. Berarti pada tanggal 1 Desember 2021, kartu ATM yang lama dan masih menggunakan magnetic stripe nantinya akan diblokir secara otomatis. BCA sendiri memiliki 4 jenis kartu debit yang selama ini mereka keluarkan.

Nasabah BCA bisa menukarkan kartunya melalui dua layanan. Untuk yang pertama ialah melalui Customer Service di semua cabang BCA yang ada di seluruh Indonesia. Dan yang kedua, bisa langsung melalui mesin dengan self service di cabang yaitu mesin Customer Service Digital yang lokasinya bisa dicek pada laman resmi BCA.

2. BNI

Lalu untuk PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI juga sudah menetapkan tenggat waktu penukaran kartu sampai dengan tanggal 30 November 2021. Jika melewati tanggal itu, maka kartu ATM berbasis magnetic stripe akan secara otomatis dinonaktifkan.

Untuk kartu debit BNI berbasis magnetic stripe yang harus melakukan pergantian ialah jenis Kartu debit dengan Nomor Identifikasi (BIN) : 532668, 537176, 526422, 526423, 526921, 519893, 517892, 517863, 517885 (Kartu berlogo Mastercard), 194690, 194698, 194680, 601004 (kartu berlogo Non Mastercard/GPN).

Adapun cara melakukan penggantian kartu ATM Chip BNI bisa langsung mengunjungi semua Kantor Cabang BNI terdekat ataupun bisa melalui BNI SONIC (Self Service Opening Account).

3. BRI

Yang ketiga untuk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau BRI juga sudah menetapkan batas waktu penukaran kartu magnetic stripe secara bertahap sampai tanggal 31 Desember 2021. Nasabah hanya perlu membawa kartu ATM BRI yang lama beserta kartu identitas, penukaran kartu pun juga tidak akan dikenakan biaya.

Dalam pelaksanaannya, ternyata sebelum tenggat waktu tersebut proses migrasi ke kartu chip seluruhnya sudah selesai. BRI juga sudah memblokir atau menonaktifkan kartu ATM tanpa chip per bulan Juni sampai bulan September 2021 secara bertahap.

Untuk nasabah BRI bila ingin mengganti kartu ATM-nya bisa langsung mendatangi kantor BRI terdekat dan yang pasti tidak akan dikenakan biaya. "Nasabah hanya cukup membawa KTP, kartu debit BRI magnetic stripe lama dan buku tabungan," terang Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto.

4. Bank Mandiri

Yang terakhir bagi PT Bank Mandiri (Pesero) Tbk. jika sebelumnya sudah memberikan tenggat waktu penggantian kartu hingga tanggal 1 April 2021. Dan selebihnya akan diberlakukan pemblokiran yang akan dilakukan secara bertahap, sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak bank dan berdasarkan kriteria expiry date atau batas masa aktif kartu.

Mulai 30 September 2021, ternyata seluruh nasabah sudah mengganti kartu ATM-nya dari magnetic ke kartu ATM chip. Dan bagi nasabah yang ingin  menukarkan kartu bisa mendatangi kantor cabang Bank Mandiri terdekat. Adapun pergantian kartu ini tidak diberlakukan bagi kartu bansos dan tani.

Baca Juga: 

Sumber

Posting Komentar untuk "Ayo Segera Ganti ke Kartu ATM Chip, Ini Batas Waktu Ganti Kartu ATM Chip Bank BCA, BNI, BRI dan Bank Mandiri"