Segini Besarnya, Gaji Ke-13 PNS yang Cair Pada Bulan Ini

Pencairan Gaji ke-13 PNS - Bulan ini adalah bulan yang ditunggu-tunggu bagi para PNS, karena Gaji Ke PNS akan dicairkan pada bulan ini. Selain bagi PNS, gaji ke-13 ini juga akan dicairkan bagi TNI, Polri, hingga pensiunan 2021 yakni pada bulan Juni 2021. 

Pencairan gaji ke-13 pns
Segini Besarnya, Gaji Ke-13 PNS yang Cair Pada Bulan Ini

Pembayaran gaji ke-13 ini tertuang dalam peraturan pemerintah (PP) Nomor 63 Tahun 2021 mengenai pemberian THR dan gaji ke-13 bagi para ASN, Pensiunan, Penerima Pensiun dan Penerima Tunjangan tahun 2021.

Direktur Pelaksanaan Anggaran Dirjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, Sudarso juga telah menjelaskan, pencairan gaji ke-13 ini paling cepat akan di lakukan pada bulan Juni.

" Sesuai PP 63, Gaji 13 dibayarkan paling cepat pada bulan Juni," ucap Sudarso ketika dihubungi di Jakarta, pada hari Selasa tanggal 1 Juni 2021.

Sedangkan, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga tak ketinggalan menjelaskan jika gaji ke-13 bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini juga mencakup gaji pokok dan juga tunjangan yang melekat.

"Gaji ke-13 pelaksanaannya pada Juni 2021. Besaran gaji ke-13 bagi ASN, TNI, dan Polri adalah gaji pokok dan tunjangan melekat," jelas Sri Mulyani.

Dan itu berarti, tunjangan kinerja kembali akan dihapus dari komponen gaji ke-13. Tunjangan melekat tersebut terdiri dari tunjangan keluarga dan juga tunjangan jabatan yang sudah masuk dalam komponen pembayaran gaji ke-13.

Sedangkan, rincian komponen gaji ke-13 yang akan diterima oleh para ASN tersebut telah tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 42/PMK.05/2021 mengenai Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian THR dan juga Gaji ke-13 Kepada Aparatur Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan juga Penerima Tunjangan Tahun 2021 yang sudah Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan juga Belanja Negara (APBN). Besarannya pun juga berbeda-beda untuk masing-masing ASN, TNI, Polri, dan pensiunan.

Gaji ke-13 untuk PNS, PPPK, TNI, Polri, pejabat negara, Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pimpinan Lembaga Penyiaran Publik (LPP), serta pegawai non- ASN yang sudah bertugas pada LPP yang terdiri dari gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan berbentuk uang, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Besaran gaji pokok dan tunjangan tersebut sudah disesuaikan dengan jabatan atau pangkatnya.

Sumber: Okezone.com

Posting Komentar

0 Komentar