Ibadah Haji 2021 Dibatalkan, Bagi Para Jemaah Haji Begini Cara Mengambil Dana Haji

Jemaah Haji - keberangkatan ibadah haji 2021 akhirnya secara resmi pasti dibatalkan. Pemerintah Indonesia juga sudah menegaskan jika tahun ini tidak akan memberangkatkan jamaah haji. 

Jemaah Haji
Ibadah Haji 2021 Dibatalkan, Bagi Para Jemaah Haji Begini Cara Mengambil Dana Haji/Sumber: Okezone.com

Tak sedikit pula bagi jamaah haji ini yang sudah melunasi biaya naik hajinya. Oleh sebab itu, bagi semua jamaah haji yang sudah melunasi biaya naik haji panitia penyelenggara ibadah haji (Bipih), dapat untuk mengambil kembali dananya. 

Dan berikut ini merupakan cara pengambilan setoran pelunasan Bipih bagi jamaah haji reguler yang dikutip dari pernyataan resmi tertulis Kemenag pada hari Kamis 3 Juni 2021. 

- Jamaah haji mengajukan permohonan pengembalian setoran lunas Bipih secara tertulis dengan melampirkan:

1. Bukti asli setoran Bipih

2. Fotokopi buku tabungan

3. Fotokopi KTP

4. Nomor telepon jamaah

- Di kantor Kemenag Kabupaten/Kota, petugas akan melakukan verifikasi dokumen dan konfirmasi pada aplikasi Siskohat. Lalu Kepala Kantor Kemenang akan menyampaikan surat pengajuan pengembalian setoran Bipih ke Ditjen PHU.

- Selanjutnya di Ditjen PHU Kemenag, petugas melakukan verifikasi dan konfirmasi pada aplikasi Siskohat. Lalu direktur pelayanan dalam negeri Ditjen PHU menyampaikan surat pengajuan pengembalian setoran Bipih ke kepala BPKH

- Petugas BPKH lalu melakukan verifikasi pengajuan pengembalian setoran perlunasan Bipih. Lalu SPM akan diterbitkan sesuai nilai pembayaran Bipih ke bank penerima setoran (BPS) Bipih.

- BPS Bipih menerima surat perintah membayar (SPM) dari BPKH. Petugas melalukan transfer setoran pelunasan Bipih ke rekening jamaah. Lalu jamaah akan dikonrimasi pengembalian dana pelunasan pada aplikasi Siskohat.

Sumber: Okezone.com

Posting Komentar

0 Komentar