Buruan Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id Untuk Cek Penerima Bansos 300 Ribu

Cek Bansos Kemensos - Bantuan Sosial Tunai atau yang biasa juga disebut (BST) yang bernilai Rp300.000 sudah pasti akan diperpanjang kembali mulai dari bulan Mei hingga Juni 2021. Untuk saat ini, pikak Kementerian Sosial (Kemensos) masih terus membahas kebijakan tersebut.

Cek Bansos
Buruan Kunjungi cekbansos.kemensos.go.id Untuk Cek Penerima Bansos 300 Ribu

"Iya (bansos tunai mau diperpanjang), tapi masih dalam pembahasan," jelas sumber dari Kemensos kepada situs Okezone.

Sebagai informasi tambahan, agar bisa mencairkan bantuan. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat langsung mengunjungi kantor pos terdekat jika sudak menerima surat pemberitahuan terkait pencairan BST. Kantor Pos sendiri juga sudah menetapkan jadwal pencairan Bantuan Sosial Tunai guna menghindari kerumunan. Oleh sebab itu, KPM diharapkan hadir sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan. Pencairan Bansos tunai ini tidak bisa diwakilkan, makanya KPM wajib juga untuk membawa surat undangan dan KTP atau KK.

Sedangkan untuk KPM yang sedang mengalami sakit, lansia, dan juga disabilitas, petugas kantor pos pun akan mengantarkan langsung dana BST ke tempat penerima. Bagi masyarakat yang berhak menerima bansos Kemensos 2021 dapat juga mengeceknyadengan cara mengunjungi Web baru Kemensos yakni cekbansos.kemensos.go.id dengan cara memasukkan NIK dan data tempat tinggal.

Cara cek penerima Bansos melalui web cekbansos.kemensos.go.id:

1. Untuk yang pertama buka laman cekbansos.kemensos.go.id.

2. Jika sudah masukkan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.

3. Lanjut lagi masukkan nama lengkap sesuai KTP.

4. Kwmudian, masukkan kode pada kolom.

6. Dan yang terakhir, klik tombol "cari".

Jika semua tahapan sudah dilakukan maka akan muncul hasil pada data pencarian, yang meliputi alamat penerima, periode bansos, hingga identitas penerima.

Selanjutnya sistem akan mencocokkan Nama KPM serat wilayah yang sudah diinput dan membandingkannya dengan nama yang sudah ada pada database Kemensos.

Sedangkan untuk proses pencairan bantuan sosial ini bisa dilakukan lewat bank anggota Himbara, contohnya seperti Bank BNI, BRI, Bank Mandiri, serta BTN. 

Tapi, yang perlu diketahui dan dipahami, bahwa tidak semua pendaftar akan mendapatkan bantuan sosial secara otomatis dari pemerintah.

Sumber: Tribunnews.com

Posting Komentar

0 Komentar