Ayo Serbu, Ini Daftar Instansi yang Membuka Formasi CPNS Lulusan SMA

Pendaftaran CPNS
Daftar Instansi yang Membuka Formasi CPNS Lulusan SMA

Pendaftaran CPNS 2021 - Melalui Channel YouTube resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN) yang akan segera mengumumkan pembukaan pendaftaran CPNS 2021 akan segera tiba. 

Karena sempat tertunda, jadi rencana pendaftaran CPNS 2021 akan dibuka mulai tanggal 30 Juni 2021. 

Sambil menunggu pengumuman resmi BKN, alangkah baiknya untuk melihat-lihat terlebih dahulu instansi yang sudah mengumumkan formasi CPNS. Totalnya ada 10 instansi yang sudah menyatakan membutuhkan PNS baru. 

Adapun daftar instansi yang Membuka lowongan CPNS bagi lulusan SMA atau sederajat adalah, Kementerian Perhubungan, Kejaksaan RI, hingga Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas).

Mengutip dari laman CNBC Indonesia, berikut daftar resmi instansi yang akan menerima lulusan SMA:

Kementerian Perhubungan

Lewat akun Instagram resmi milik @kemenhub151, otoritas perhubungan telah membuka 2.445 formasi untuk seleksi CPNS 2021. Formasi itu telah tersebar di semua unit kerja Kementerian Perhubungan.

Mulai dari Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan Laut, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Badan Litbang, serta BSDMP dan BPTJ.

Meskipun begitu, sampai saat ini kementerian yang dinahkodai Budi Karya Sumadi tersebut masih belum mengumumkan secara detail formasi yang akan dibutuhkan.

Kejaksaan RI

Yang kedua ada Kejaksaan RI yang setidaknya ada dua jabatan yang akan dibuka bagi lulusan SMA dalam formasi CPNS Kejaksaan. Pertama adalah Tenaga Administrasi Penanganan Perkara sebanyak 496 formasi, dan juga Pengawal Tahanan untuk 494 formasi. 

Basarnas

Yang ketiga khusus Basarnas, mereka akan membuka setidaknya 248 formasi CPNS bagi lulusan SMA atau sederajat. Adapun formasi yang akan dibuka pun beraneka ragam, mulai dari nakhoda kapal, masinis, sampai juru kemudi.

Dan inilah rinciannya seperti yang sudah dikutip oleh laman Basarnas :

- Nahkoda Kapal Kelas I

Akan dibutuhkan sebanyak satu orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK Pelayaran atau sederajat yang sudah mempunyainl sertifikat ANT IV

- Mualim I Kapal Kelas II

Akan dibutuhkan sebanyak dua orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK Pelayaran atau sederajat yang memiliki sertifikat ANT IV

- Mualim II Kapal Kelas II

Akan dibutuhkan sebanyak satu orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang yang sudah memiliki sertifikat ANT V

- Mualim I Kapal Kelas IV

Akan dibutuhkan sebanyak tiga orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang sudah memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck)

- Masinis II Kapal Kelas II

Akan dibutuhkan sebanyak enam orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang sudah memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

- Masinis I Kapal Kelas III

Akan dibutuhkan sebanyak satu orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang sudah memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

- Masinis I Kapal Kelas IV

Akan dibutuhkan sebanyak empat orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang sudah memiliki sertifikat ahli tingkat tinggi (ATT) V.

- Markonis

Akan dibutuhkan sebanyak satu orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK Pelayaran atau sederajat yang sudah memiliki sertifikat Basic Safety Training (BST) dan Operator Radio Umum (ORU).

- Kelasi Kapal Kelas II

Akan dibutuhkan sebanyak 10 orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang sudah memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck).

- Juru Mudi

Akan dibutuhkan sebanyak 21 orang dengan klasifikasi latar belakang pendidikan SMA/SMK atau sederajat yang sudah memiliki sertifikat ANT-D (able/rating deck).

Baca Juga:

Inilah 8 Hal Penting yang Wajib Diketahui Bagi Calon Pelamar CPNS dan PPPK 2021

Cek Segera, Formasi CPNS 2021 Untuk Pemprov DKI Sampai BPK

Daftar 10 Formasi CPNS dan 5 Instansi yang Sepi Peminat

Sumber: CNBCINDONESIA.COM

Posting Komentar

0 Komentar