6 Provinsi 44 Kabupaten Akan Segera Diberlakukan PPKM Darurat

Ppkm darurat bali
6 Provinsi 44 Kabupaten Akan Segera Diberlakukan PPKM Darurat/Sumber: Kompas.com

PPKM Mikro Darurat - Presiden Joko Widodo mengutarakan jika pemerintah sedang memantapkan rencananya untuk kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro darurat di wilayah Pulau Jawa dan Bali untuk menanggulangi pesatnya kasus virus corona (Covid-19) akhir-akhir ini.

Jokowi juga menyatakan bahwa aturan tersebut bakalan diterapkan di 44 kabupaten/kota di 6 provinsi.

"Khusus hanya di pulau Jawa dan pulau Bali karena ada 44 kabupaten serta kota dan 6 provinsi yang nilai asesmennya 4," jelas Jokowi saat berpidato di Munas Kadin di Kendari, yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kadin Indonesia, hari Rabu tanggal 30 Juni.

Jokowi pun menyampaikan jika perencanaan sudah dibahas oleh tim khusus. Dia menyebutkan, jika Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin pembahasan tersebut.

"Hari ini ada finalisasi kajian untuk kita melihat lonjakan yang sangat tinggi dan kita harapkan selesai karena diketuai oleh Pak Airlangga, Pak Menko Ekonomi untuk memutuskan diberlakukannya PPKM Darurat," ucapnya.

Jokowi berkata jika PPKM Darurat akan menyasar 44 kabupaten/kota di 6 provinsi di Jawa-Bali. Dia menyebutkan masalah kemungkinannya akan diadakan pembatasan yang berlaku hingga dua pekan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut menyebut bahwa PPKM Darurat dibahas setelah jumlah kasus di Indonesia terus merangkak naik secara eksponensial. Jumlah rumah sakit pun juga semakin penuh.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga memberikan contoh kondisi terkini yang terjadi pada Jakarta Barat. Ia pun menampilkan peta persebaran zona merah yang sangat mendominasi wilayah Jakarta Barat.

"Artinya sudah merata sehingga memang harus ada keputusan yang tegas untuk menyelesaikan masalah ini," terangnya.

Sebelumnya, pemerintah juga sudah mengadakan rapat terbatas untuk merevisi kebijakan PPKM. Pemerintah juga sudah mengonfirmasi Menko Karitiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang akan memimpin jalannya kebijakan baru dengan nama PPKM Darurat.

Dari draf aturan PPKM Darurat yang diterima oleh CNNIndonesia.com, pemerintah akan menerapkan work from home sebanyak 75 persen yang berada di zona merah. Selain itu, kegiatan sekolah tatap muka, seni budaya, sosial kemasyarakatan, dan peribadatan akan ditiadakan untuk sementara waktu.

Baca Juga:

Petugas Masih Berfokus Evakuasi, Pasca Kapal Tenggelam di Pelabuhan Gilimanuk

Peristiwa Seorang Sopir Truck Tewas Diterkam Buaya Saat Hendak Memancing

Seorang Guru Honorer Kaget Histeris Karena Terjerat 5 Juta Di pinjaman Online, Dan Membengkak Hingga Rp 206 Juta

Sumber: CNNIndonesia.com 

Posting Komentar

0 Komentar