Inilah 6 Khasiat Undur-Undur Untuk Kesehatan

Manfaat undur-undur untuk kesehatan
Inilah 6 Khasiat Undur-Undur Untuk Kesehatan

Manfaat undur-undur untuk kesehatan - Siapa yang tidak mengenal hewan yang satu ini? Undur-undur adalah mainan jaman dulu dimasa kecil. Siapa sangka ternyata undur-undur memiliki manfaat untuk kesehatan. Nama atau julukan dari undur-undur diberikan kepada hewan yang satu ini karena kebiasaan larvanya yang berjalan mundur ketika menggali sarang jebakan di tanah. Keberadaan undur-undur kini sangat sulit untuk didapat karena habitatnya mulai lenyap oleh bangunan-bangunan modern.

Sementara itu, habitat undur-undur adalah di tanah yang gembur dan tidak berlembab. Undur-undur yang memiliki kualitas biasanya berada di daerah pegunungan. Undur-undur biasanya juga digunakan sebagai bahan obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit kronis yang berbahaya. Lalu, apa saja saja khasiat undur-undur? Dan berikut ini khasiat undur-undur untuk kesehatan yang harus anda ketahui.

1. Mencegah Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah gangguan pada mata yang bisa mengakibatkan kebutaan. Biasanya penyakit ini akan dialami bagi mereka atau orang yang sudah memiliki usia lanjut. Tetapi, tidak menutup kemungkinan jika penyakit yang satu ini akan dialami bagi mereka atau orang yang masih berusia muda. Untuk mencegah terjadinya degenerasi makula, mengonsumsi undur-undur akan menjadi obat alternatif dari penyakit ini. Kandungan omega-3 yang terdapat pada undur-undur dipercaya sangat baik untuk mencegah kebutaan.

2. Mengobati Asma

Asma ataupun sesak napas adalah salah satu penyakit yang berada pada saluran pernapasan. Memakan undur-undur ternyata dapat membengkakkan pada paru-paru sehingga paru-paru akan kembali menjadi normal.

3. Menyembuhkan Rematik dan Asam Urat

Rematik dan asam urat terjadi dikarenakan adanya peradangan dan juga sistem kekebalan tubuh yang sedang melemah. Banyak mengandung omega-3, undur-undur dipercaya mampu sembuhkan asam urat, selain itu undur-undur bisa juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga bisa untuk menghidar dari serangan penyakit rematik.

4. Menyembuhkan Diabetes

Adanya kandungan zat sulfonylurea pada undur-undur bisa membantu pankreas memproduksi insulin sehingga dapat menurunkan kadar gula pada tubuh. Disebagian negara terutama di Tiongkok, undur-undur lebih dikenal sebagai salah satu bahan obat untuk penderita diabetes. Kandungan zat sulfonylurea yang ada pada undur-undur diklaim bisa memperlancar pankreas untuk menghasilkan insulin. Apabila insulin diproduksi dengan sangat baik, maka secara otomatis gula darah dalam tubuh pun juga akan terkontrol dengan baik.

5. Mengobati Stroke

Stroke bisa terjadi karena meningkatknya tekanan darah terlalu tinggi sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada tubuh. Maka dari itu, mengkonsumsi undur-undur dipercaya bisa mencegah meningkatnya tekanan darah pada tubuh. Mengutip laman milik Palembang.tribunews.com, undur-undur bisa mencegah desakan darah yang hebat. Oleh sebab itu, stroke bisa teratasi dengan baik dan juga mampu melindungi kesehatan syaraf.

6. Menurunkan Kolestrol

Ada dua faktor yang membuat seseorang bisa memiliki kolestrol tinggi, yaitu dengan makanan dan produksi zat lipid secara berlebih. Untuk manfaat undur-undur yang di dapat kali ini bisa menurunkan kolestrol karena produksi zat lipid secara berlebih dari dalam tubuh. Karena, undur-undur ini juga dipercaya bisa menghimpit produksi zat lipid yang berada di dalam hati.

Alhasil, kolestrol yang tinggi pun bisa berkurang secara berkala. Meskipun begitu, Anda juga perlu mengkonsumsi undur-undur dengan trik yang benar dan juga takaran yang tepat.

Dan perlu diketahui lagi, mengkonsumsi undur-undur secara hidup-hidup akan jauh lebih baik. Karena, jika Anda memasaknya atau mengolahnya terlebih dahulu maka khasiat undur-undur akan menghilang.

Maka, Anda tidak akan bisa mendapatkan manfaat apa-apa dari undur-undur. Cara mengonsumsi undur-undur, bisa dengan cara mencuci undur-undur kecil terlebih dahulu. Lalu, jika sudah masukkan undur-undur yang sudah bersih ke dalam kapsul kosong. Kapsul kosong ini bisa Anda beli di apotek terdekat. Jika sudah, minumlah kapsul yang berisi undur-undur seperti Anda meminum obat.

Cara seperti ini juga bisa diketahui untuk mengobati penyakit yang sudah disebutkan di atas. Tapi, Anda harus mengonsumsinya dengan tepat supaya manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal. Tetapi, perlu diingat juga, sebelum mengkonsumsi undur-undur alangkah baiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Sumber: beritabeta.com

Posting Komentar

0 Komentar