Buruan Daftar, Begini Cara Pengajuan BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Cek penerima BLT UMKM eform BRI - Daftar atau pengajuan usulan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM ternyata sampai saat ini masih bisa dilakukan.

Cek penerima blt umkm
Buruan Daftar, Begini Cara Pengajuan BLT UMKM Rp 1,2 Juta

Di tahun ini BLT UMKM akan disalurkan kepada 12,8 juta pelaku usaha mikro yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Dan di tahun ini pula, penerima BLT UMKM akan menerima bantuan sebesar Rp 1,2 juta, nominal ini pastinya lebih kecil jika dibandingkan tahun sebelumnya yakni sebesar Rp 2,4 juta.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Kemenkop UKM Anang Rahman pun menjelaskan, pengusulan BPUM masih ada di tahap 2 ini dan akan berlaku hingga tanggal 28 Juni 2021.  

Untuk pencairan BLT UMKM pada tahun ini hanya akan dilakukan satu kali.

"Sesuai juknisnya, iya (satu kali)," jelas Anang Rahman ketika dimintai konfirmasinya oleh media Kompas.com, hari Sabtu tanggal 22 Mei 2021.

Bagaimana cara pengajuan BLT UMKM 2021?

Cara Mengajukan BLT UMKM 2021 

Di dalam Permenkop Nomor 2 Tahun 2021 yang sudah tertuang dalam Pasal 8, bagi masyarakat yang ingin mendapatkankan BLT UMKM bisa langsung mengajukan BLT UMKM langsung ke dinas ataupun badan yang menaungi koperasi dan usaha mikro, kecil, dan menengah provinsi.

Pengajuan itu nantinya akan dilanjutkan ke Dinas Koperasi dan UMKM provinsi kepada kementerian.

Usulan calon penerima BPUM meliputi:

  1. Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  2. Nomor Kartu Keluarga (KK)
  3. Nama lengkap
  4. Alamat tempat tinggal
  5. Bidang usaha
  6. Nomor telepon

Namun, sebelum mendaftar harap dipastikan terlebih dahulu syarat penerima BPUM:

Berikut beberapa syarat syarat penerima BLT UMKM 2021 yang wajib terpenuhi:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Mempunyai usaha mikro dan bisa dibuktikan dengan surat usulan calon penerima BPUM dari pengusul BPUM beserta lampirannya yang merupakan satu kesatuan
  4. Bukan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/Polri, pegawai BUMN dan BUMD
  5. Tidak sedang menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR)
Di dalam proses seleksi, Dinas Koperasi dan UMKM sebagai pengusul akan melakukan pembersihan data calon penerima BLT UMKM dulu.

Adapun cara pembersihan data dilakukan melalui verifikasi identitas kependudukan dan pengecekan kelengkapan dokumen calon persyaratan.

Jika nantinya tercatat sebagai penerima BPUM, masyarakat dapat menghubungi Kantor Cabang BRI terdekat untuk jadwal pencairan.

Tetapi, untuk proses pencairan harus tetap dilakukan ke bank untuk proses validasi, seperti pada sebelumnya.

Cara cek penerima BLT UMKM eform BRI dan BNI

Untuk cara mengecek status penerima BLT UMKM Bank BRI, masyarakat tidak perlu bersusah payah mendatangi bank, cukup mudah, karena masyarakat hanya perlu mengunjungi laman yang sudah tersedia di https://eform.bri.co.id/bpum.

Apabila tidak termasuk penerima BPUM maka akan muncul notifikasi sebagai berikut 'Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM'.

Sedangkan untuk pengecekan penerima BLT UMKM Bank BNI bisa langsung mengunjungi laman yang sudah tersedia yakni https://banpresbpum.id.

Sumber: Kompas.com 

Posting Komentar

0 Komentar