Bocoran Kapan Bantuan UMKM Tahap 3 Cair ke 3 Juta UMKM, Caranya Bisa Cek Daftar Nama Penerima Banpres di eform.bri.co.id

Cara cek bantuan umkm tahap 3 - Kemenkop UKM saat ini sedang memproser pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) kepada UMKM Tahap 1 dan 2.

cek penerima blt umkm eform bri
Bocoran Kapan Bantuan UMKM Tahap 3 Cair ke 3 Juta UMKM, Caranya Bisa Cek Daftar Nama Penerima Banpres di eform.bri.co.id

Seperti yang sudah diketahui, anggaran dari BPUM yang sudah tercatat di APBB mencapai hingga Rp 15,36 triliun pada tahun ini. Untuk agendanya, BLT UMKM akan dicairkan ke 12,8 juta UMKM. 

Dari total kuota tersebut, nantinya sebagian besar akan diberikan kepada UMKM yang sudah mendapatkan BLT di tahun 2020, yang totalnya sudah mencapai sebanyak 9,8 juta UMKM. Sedangkan untuk kuota yang bum pernah menerima BLT UMKM hanya mendapatkan jatah 3 juta UMKM.

Penyaluran BLT ke 9,8 juta UMKM tersebut rampung dalam 2 tahap, dan rencananya pada bulan ini akan selesai. Dan hingga berita ini dimuat, BPUM sudah dicairkan ke 8,6 juta UMKM.

Adapun besaran BLT yang telah disalurkan kepada UMKM sebesar Rp 1,2 juta. Jumlah BPUM tersebut memang lebih kecil jika dibandingkan dengan tahun lalu yang bisa mencapai sebesar Rp 2,4 juta, alasannyapun dikarenakan untuk memperluas penerima BLT.

Lalu, kapan sih BLT UMKM bagi 3 juta penerima ini akan cair?

Berdasarkan keterangan Kemenkop UKM, keputusan mengenai BPUM ini cair ke 3 juta UMKM baru masih menunggu keputusan dari Menteri Keuangan, Sri Mulyani terkait anggaran yang akan diketok.

Untuk mengecek daftar penerima BLT UMKM, masyarakat bisa langsung mengecek ke situs BPUM yang telah disediakan oleh bank BRI, yakni di eform.bri.co.id/bpum. Situs tersebut akan menampilkan data realtime penerima BLT UMKM.

Dan berikut ini adalah cara mengecek dapat BLT UMKM atau tidak:

  • Kunjungi situs eform.bri.co.id
  • Isikan NIK e-KTP pada kolom yang telah disediakan
  • Masukkan kode verifikasi
  • Lanjutkan ke proses inquiry
  • Setelah itu akan ada notifikasi terdaftar atau tidak sebagai penerima BPUM (BLT UMKM) 2021.
Apabila nama anda sudah tercantum tapi masih belum ditransfer, kemungkinan ada proses pencairan di Kemenkeu belum rampung. Sabar dan tunggu, karena nanti pasti pihak Kemenkop UKM akan mengumunkan secara detail terkait masalah pencairan. 

Sumber: beritadiy.pikiran-rakyat.com

Posting Komentar

0 Komentar